Penyebab Terjadinya Bibir Bengkak

Bibir yang bengkak akan terlihat lebih besar dari biasanya, pembengkakan pada bibir dapat terjadi karena trauma yang terjadi pada jaringan lunak bibir kadang disertai gatal. Bibir bengkak bisa terjadi secara tiba-tiba atau tanpa sebab pada anak maupun orang dewasa.Bibir merupakan bagian terluar dari mulut yang memiliki sifat sensitif oleh sebab itu bibir memerlukan perawatan yang tepat karena bibir merupakan bagian yang paling halus.

Ini lah beberapa penyebab terjadinya bibir bengkak,di antaranya :

  • Kondisi medis tertentu seperti penyakit Crohn, glucagonoma, myxedema, psoriasis, eksim, dan angioedema herediter dapat menyebabkan pembengkakan bibir.
    Akromegali adalah kondisi medis yang menyebabkan kulit pada wajah, tangan, atau kaki menebal atau membengkak. Hal itu dapat menyebabkan pembengkakan, skala dan pendarahan dari bibir serta perubahan tekstur dan warna bibir.
  • Infeksi virus, seperti herpes oral, juga dapat menyebabkan pembengkakan dan lecet pada bibir.
    Penyebab lain adalah cedera pada bibir.
    Pembengkakan bibir juga bisa dihasilkan dari gigitan dan sengatan serangga seperti lebah atau tawon, semut, dll Di sini juga, mekanisme ini mirip dengan reaksi alergi, hanya di sini, racun serangga bertindak sebagai alergen.
  • Pembengkakan bibir dapat menjadi efek samping dari obat-obatan tertentu
    Kekurangan vitamin B juga dapat menyebabkan pembengkakan pada sudut bibir. Orang akan merasa sulit untuk membuka mulutnya.